“Payment Account Reserve” di Etsy, Bagaimana Solusinya?

Latifa
3 min readJan 7, 2024

--

Bagi seller yang baru membuka toko di Etsy, mengalami payment reserve seperti ini wajar terjadi. Bahkan, meski sudah lama jualan di Etsy pun juga bisa mengalami payment reserve. Informasi dari Etsy secara resmi dapat dibaca di sini.

Trus, apa sih yang dimaksud dengan payment reserve?

Payment Account Reserve singkatnya adalah situasi dimana (sekian persen) dana hasil penjualan kita ditahan oleh Etsy dalam jangka waktu tertentu.

Mengapa Etsy menahan dana penjualan seller?

Berdasarkan website Etsy, berikut beberapa penyebabnya.

  • Peningkatan pesanan secara tiba-tiba
  • Pesanan selalu kehilangan informasi pelacakan
  • Pesanan tidak dikirim tepat waktu
  • Peningkatan pengembalian dana
  • Pertama kali mendapatkan penjualan pertama (first sale) di Etsy

Terutama bagi new seller pastinya akan mengalami hal payment reserve setelah first sale. Saya pun juga demikian. Btw, cerita saya mendapatkan first sale di Etsy dapat dibaca di sini.

Saat mengalami payment reserve, saya mendapatkan email seperti ini dari Etsy. First sale saya di tanggal 15 September 2023 dan informasi tentang payment reserve pada tanggal 18 September 2023.

Payment reserve (Dokumentasi pribadi)

Ketika toko saya mengalami payment reserve, 30% dana ditahan sementara oleh Etsy. Sedangkan saya juga tidak menerima dana sama sekali selama 2 bulan terakhir (tidak ada penjadwalan pencairan dana).

Sejak awal saya menganggap ini adalah hal yang wajar karena ‘toko baru’. Akan tetapi setelah hampir 3 bulan menunggu dan tidak ada perubahan jadi saya putuskan segera menghubungi Etsy (beberapa kali menghubungi lebih tepatnya).

Minggu kedua bulan Desember (hampir 90 hari setelah first sale), saya menghubungi Etsy terkait masalah ini. Akhirnya pencairan dana saya bisa lancar hingga saat ini. Pencairan dana sudah terjadwal di Etsy Payment.

Cerita terkait masalah pencairan dana ini dapat teman-teman baca di sini.

Kapan Etsy mencabut payment reserve toko saya?

Etsy mencabut payment reserve saya sekitar 90 hari setelah first sale. Informasi 90 hari ini juga disampaikan saat saya menerima email payment reserve di tanggal 18 September 2023.

Saat pencabutan payment reserve, saya juga mendapat email dari Etsy.

Pencabutan Payment Reserve (Dokumentasi pribadi)

Kira-kira begini rinciannya.

First sale = 15 September 2023

Payment Reserve = 18 September 2023

Payment Reserve dicabut = 17 Desember 2023

Kalau teman-teman saat ini mengalami payment reserve, jangan langsung panik. Sembari menunggu pencabutan payment reserve, kita bisa mengoptimasi toko agar makin banyak yang beli.

Menurut Etsy, payment reserve juga bisa kita antisipasi dengan beberapa cara, seperti:

  • Menambahkan informasi pelacakan
  • Mengirimkan pesanan tepat waktu
  • Merespons chat pembeli dengan cepat
  • Mematuhi aturan Etsy

Ringkasan Pengalaman

  1. Payment reserve terjadi di toko saya setelah mendapat first sale
  2. Payment reserve terjadi di toko saya selama 90 hari
  3. Saya hanya menjual produk digital jadi untuk produk fisik belum ada pengalaman
  4. Jika teman-teman mengalami payment reserve, saya sarankan menunggu selama 90 sesuai email yang diinformasikan Etsy (khususnya untuk new seller)

Kesimpulan

Saat memulai Etsy, kita harus siap dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Termasuk kemungkinan akun ke-suspend, dana cairnya lambat atau payment reserve seperti yang saya bahas di tulisan ini.

Masalah apapun yang kita alami saat memulai Etsy, usahakan juga berupaya menyelesaikannya. Jangan malah bikin akun baru. Kita perlu belajar dari beberapa masalah.

Pencabutan payment reserve ini juga tidak selalu 90 hari setelah first sale. Sepertinya ada juga yang dalam waktu 45 hari sudah dicabut Etsy. Terutama bagi toko yang sudah lama jualan di Etsy.

  • Klik👏 kalau suka tulisan ini
  • Mau subscribe Medium saya bisa klik di sini, biasanya bahas Etsy, edukasi, dan kepenulisan.

--

--