Bagaimana Cara Saya Memonetisasi Akun X (ex-Twitter)

Latifa
4 min readJul 21, 2024

--

First time monetisasi akun X (ex-Twitter) ✌️

Photo by BoliviaInteligente on Unsplash

Seperti biasa, selalu saya ingatkan untuk “jangan membandingkan proses kita dengan orang lain karena start kita berbeda”.

Dulu saya tahunya platform yang bisa dimonetisasi itu Youtube dan Blog. Tapi, makin kesini ternyata banyak platform berlomba-lomba untuk menambahkan fitur monetisasi.

Salah satunya adalah X (ex-Twitter).

Sejak Juli 2023, X menawarkan Ads Revenue Sharing atau monetisasi bagi pengguna dengan beberapa syarat.

Bagi mereka yang memenuhi syarat maka akan mendapatkan uang dari X.

Apa saja syarat memonetisasi akun X?

Syarat monetisasi akun X ternyata juga lumayan banyak. Beberapa kali diubah tapi untuk saat ini sebagai berikut.

1️⃣ Berlangganan X Premium

2️⃣ Memiliki 3 juta impresi organik dalam 3 bulan terakhir

3️⃣ Memiliki min. 500 followers

4️⃣ Mem-verifikasi identitas pribadi

Dulu pertama kali rilis harus 15 juta impresi tapi kemudian diubah menjadi 5 juta impresi dalam 3 bulan terakhir.

Pengalaman Memonetisasi Akun X (ex-Twitter)

Keinginan untuk memonetisasi akun X sebenarnya dari tahun 2023.

Tapi, saat itu saya tidak terlalu fokus sehingga gak lagi minat dan memutuskan untuk berhenti berlangganan X Premium.

Tahun 2024 ini saya mulai lagi untuk bereksperimen memonetisasi akun X.

Awalnya saya tidak terlalu berharap untuk segera eligible atau memenuhi persyaratan untuk dimonetisasi. Eh belum sampai 1 bulan malah sudah bisa😅

25 Juni 2024 => saya berlangganan X Premium

21 Juli 2024 => akun X saya eligible (aslinya kapan ga tau juga)

Ketika memutuskan untuk memonetisasi akun X, saya lebih fokus untuk mendapatkan 5 juta impresi karena beberapa syarat lain sudah terpenuhi.

Checklist “Ads Revenue Sharing” versi saya

1️. Berlangganan X Premium ✅

2. Memiliki 3 juta impresi organik dalam 3 bulan terakhir

3️. Memiliki min. 500 followers ✅

4️. Memverifikasi identitas pribadi✅

Ini yang mungkin bisa berbeda dari teman-teman.

Btw, 5 juta impresi itu ternyata dihitung sebelum akun berlangganan X Premium. Saya kan berlangganan di bulan Juni 2024 tapi sudah eligible di Juli 2024. Durasi 3 bulan dari Mei, Juni, Juli. Kalau mau serius memonetisasi berarti bisa direncanakan 2 bulan sebelumnya (sebelum berlangganan X Premium berusaha dulu mencapai 5 juta impresi).

Analitik akun X saya (23 Mei s.d 21 Juli 2024)

Sejujurnya saya sendiri tidak ada target mencapai angka tertentu tiap minggu atau bulan. Apa yang saya lakukan ketika menulis di X itu ya “karena saya suka saja”.

Saya menikmati prosesnya (aktif ngonten pastinya) dan ternyata hal itu yang membuat saya mencapai 6 juta impresi dalam waktu 3 bulan.

Terhitung 21 Juli 2024 ini akun X saya sudah bisa dimonetisasi.

Bagaimana Cara Saya Memonetisasi Akun X (ex-Twitter)

Karena saya kurang 1 syarat yakni 5 juta impresi maka saya lebih fokus untuk membuat konten dan engage dengan X Creator lain di X.

Aktif membuat konten di X

Ketika ingin membangun audience atau meningkatkan impresi tentu saja harus aktif di X. Terutama aktif membuat konten setiap hari.

Saya sendiri membuat konten ada beberapa tipe.

Misalnya, dengan bullet points, personal, dan tips-tips sesuai niche

Memberikan QRT yang bermakna

Biasanya saya QRT konten-konten yang relatable atau sesuai dengan niche. Saya paling sering pakai model listicle. Soalnya lebih mudah kalau dibaca.

Contohnya konten QRT seperti ini beberapa kali viral dengan views 400K+.

Networking dengan X Creator lain

Tak kalah penting juga namanya media sosial itu ya untuk bersosialisasi dengan pengguna lain. Saya pun juga melakukannya.

Networking dengan X Creator yang memiliki interest yang sama, suka dengan kontennya atau memberikan informasi tambahan di kontennya.

Sering memberikan komentar di postingan X Creator

Kalau perlu buatlah daftar Big Creator (100k followers ke atas) dan sering-sering engage dengan mereka.

Ketika mereka membuat postingan, kita bisa ikut berkomentar yang relevan & sesuai niche kita.

Contohnya seperti ini, konten saya cukup viral karena relevan dengan apa yang di posting creatornya.

Nikmati prosesnya dan konsisten

“Kamu harus enjoy melakukannya”

Buat saya ini hal yang paling utama karena ya buat apa kita melakukan sesuatu tapi gak enjoy ketika ngelakuinnya.

Terutama ketika menulis atau ngonten di X.

Lakukan aja apa yang kita suka dan nikmati prosesnya.

Kadang kalau terlalu berharap atau fokus ke angka-angka gitu malah kayak susah banget mencapainya. Tapi, ketika kita fokus ke proses maka hasilnya malah lebih bagus. Ini yang saya rasakan hari ini.

Beberapa konten yang saya yang viral itu saya gak expect akan viral juga. Saya suka dengan proses menulis dan sharing di X.

Gimana dengan teman-teman?

Tertarik memonetisasi akun X (ex-Twitter)?

--

--